Jumat, 01 Januari 2016

Cara Jitu Teknik Pemupukan Pohon Durian

Pada waktu pohon durian yang lain alami tidak berhasil panen, pohon durian punya Nauval firdaus tambah sanggup membuahkan berton-ton buah durian. Cita rasa dari pohon durian punya nauval juga membuahkan buah yg kian lebih manis serta lezat ketimbang buah durian yang lain.



Suatu kebun durian punya Nauval Firdaus yg ada di kabupaten Jombang, Jawa Timur yaitu satu satu kebun durian penghasil buah durian yg punya rasa yg lezat, manis, serta punya nilai produktivitas yg amat tinggi di mana beberapa petani lain lagi tengah alami tidak berhasil buah, kebun durian punya Nauval malahan panen besar.

Selagi kami coba menyambangi kebun durian milik dia di daerah Jombang, saat pertama kalinya masuk kebun durian seluas nyaris 5 hektar ini dipenuhi dengan pohon-pohon durian yg lagi tengah berbuah dengan lebatnya. Nampak lebih dari satu pengunjung lagi tengah nikmati buah durian sembari duduk enjoy di atas tikar yg memanglah di sediakan oleh Nauval, sang yang miliki kebun durian.

Mengatur Jarak Tanam Antar Pohon Durian
Penyusunan kebun durian ini amat rapi dengan jarak tanam antar pohon pada 10 sampai 11 mtr.. Judul antar pohon itu sama sama bersua, juga sebagai sinyal bahwa pohon durian punya Nauval itu berumur dewasa, di atas 10 th.. Perwatan pohon durian tentu didasari sistim langkah menanam durian yg pas juga.

Di suatu pohon durian yg udah berumur nyaris 30 th. itu, kami masih tetap memandang ada kurang lebih 80 buah yg menggantung diatas pohon. “Ini buah duriannya cuma tinggal setengahnya saja mas, soalnya udah dipanen bertahap mulai sejak 2 minggu kemaren”, Saat kata Nauval.

“Itupun serasi buahnya masih tetap kecil, udah banyak yg dikurangi dikarenakan lebih dari satu dahan pohon durian itu patah, soalnya keberatan rata-rata buahnya” jadi Nouval yg akrab di panggil Bobby itu. Meski sebenarnya keseluruhan produksi tiap tiap satu pohon durian punya Bobby rata-rata membuahkan 160 buah durian.



Apabila dihitung, semisalnya rata-rata berat buah durian yaitu 2 kg, jadi dalam tiap tiap pohon punya Nauval dapat membuahkan 320 kg buah durian. Ini punya arti dari 75 pohon durian milik dia, jadi potensi produksi panennya kurang lebih 24 ton per hektar tempat.
Produktivitas sampai 24 ton, terbilang di atas rata-rata. Lantaran kebanyakan standard nasional produksi pohon durian sekitar pada 13 sampai 15 ton per hektar tempat.

Berasa yg Istimewa
Sesudah di rasakan bahagia mengitari kebun duriannya, waktu ini selagi coba buat mencicipi buah durian yg memanglah mulai sejak tadi udah pengen sekali kami menyantapnya. Selagi pertama mencicipi buah durian yg disodorkan Nauval, kami segera kaget dari berasa yg amat manis, berlainan dengan durian yg umum kami makan.
Itu dia beberapa jenis serta gambar durian disukai banyak orang di Indonesia yg perlu anda ketahui
Di antara 10 buah durian yg disodorkan oleh Nauval, ada satu tipe durian tanpa ada nama yg berasa nyata-nyata prima. Gabungan pada manis, pulen, lembut, serta lengketnya umami yang merasa di kerongkongan. Warna daging buahnya kuning keemasan serta amat menggugah selera. Kami selanjutnya setuju menamainya durian Nauval.

Rahasia Tehnik Pemupukan
Nauval memberikannya sedikit rahasia terhadap kami, berkenaan langkah menjaga pohon durian supaya membuahkan hasil panen melimpah seperti kebun durian milik dia. Ia memberikannya pupuk dengan dosis berimbang dan melaksanakan perawatan dengan tektik agroekosistem pada pohon duriannya.

Bagian awal ia memberikannya 2 kwintal pupuk kandang yg datang dari kotoran kambing yg udah diurai dengan baik serta disebarkan ke 1 hektar kebun durian milik dia. Tidak cuman ini, seterusnya mengimbuhkan pupuk N P K dengan dosis 5 kg buat satu pohon durian.

Tiap tiap satu pohon semasing juga diberikan 50 g pupuk boron. Saat pemupukan oleh Nauval dijalankan sepanjang 3 kali periode tiap tiap tahunnya, yakni pada awal bln. April, selanjutnya Juli, serta November. Buat dosisnya sesuai dengan diameter dari batang pohon durian itu.

Juga sebagai contoh, buat pohon durian dengan diameter 25 sampai 30 cm, jadi dosis pupuk yang didapatkan yaitu 5 kg. Langkah pemberian pupuk dijalankan dengan menebarkannya di kurang lebih pohon. Dosis dapat disesuikan terkait besar serta umur pohon yg Anda punya.

Menurut Nauval, langkah pemupukan dengan menggali lubang di kurang lebih pohon durian malahan dapat melukai akar pohon yg mempunyai ukuran sebesar jempol kaki, bahkan juga sanggup terputus. Buat pohon durian yg udah berumur kira-kira lebih 10 th., serta akarnya udah menebar, seharusnya jangan sampai bikin lubang di sekitar pohon.



Begitu juga dalam sistem penyiangan tempat, Nauval lebih pilih memakai mesin pemotong rumput ketimbang mesti mencangkul tanah buat bersihkan gulma atau rumput yg mengganggu. Tujuannya sama, menjauhkan akar pohon dari luka pada waktu Anda mencangkul tanah buat bersihkan rumput liar.

Nauval juga mengfungsikan daun tebu serta dahan yg terjatuh juga sebagai mulsa, buat di taruh di kurang lebih pohon milik dia. Punya tujuan halangi perkembangan rumput liar serta gulma sehabis dibuat bersih. Pemasangan mulsa alami itu juga memiliki fungsi buat merawat kelembapan tanah, lebih-lebih pada waktu masuk musim kemarau panjang.

Dengan melaksanakan beberapa cara itu, jadi bukanlah kemungkinan kecil kebun durian punya Anda sanggup membuahkan panen melimpah seperti yg dialamai oleh Nauval. “yang mutlak kita mesti nyata-nyata menyayangi pohon duriannya, kelak panennya akan melimpah” sekian pesan Nauval terhadap Kami.

Baca Selanjutnya : Inilah Teknologi Singgang Yang Digadang-Gadang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar